Dress Appropriately…not Formally!

Belakangan ini saya lagi sering-seringnya dapat undangan menghadiri pesta pernikahan, entah itu relasi bisnis keluarga atau teman dekat. Dan selama saya menghadiri semua pesta tersebut, saya menemukan suatu keanehan. Sejak kapan orang-orang mulai menghadiri pesta pernikahan menggunakan jeans belel dan sepatu kets? Okay, mungkin kalau pestanya diadakan oleh seorang graffiti artist di lapangan tempat semua karyanya berada atau seorang surfer di pinggir pantai itu tidak akan menjadi masalah. Tapi semua pesta yang saya hadiri ini rata-rata berlokasi di function room sebuah hotel atau di mesjid.

Jakarta memang kota yang panasnya minta ampun dan becek di saat hujan, tapi itu tidak dapat menjadi alasan kenapa seseorang bisa datang ke sebuah resepsi pernikahan memakai jeans belel dan sepatu kets (walaupun dia memakai kemeja). And rockers, I know you’re the eccentric kind, but don’t ruin the whole evening becase you decide to dress up like Slash!? Besides, the whole hair band thing, it’s so passe man!

Bagi saya, ini bukan mengenai dress formally tapi lebih ke dress appropriately. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, kalau memang Tipi Jabrik memutuskan untuk mengadakan resepsi pernikahannya diadakan di pinggir pantai Ubud pada suatu sore yang romantis, maka berpakaian apapun tidak akan menjadi masalah. Malah mungkin sang host akan menyarankan para undangan untuk memakai sandal karet dan celana pendek jika ia ingin tamu-tamunya lebih merasakan tema pantai yang dia bayangkan.

Sebenarnya hanya itu yang diinginkan oleh seorang host, terutama kedua pengantin, agar pesta yang menguras dana sekian puluh juta atau bahkan sampai ratusan juta itu mereka kenang seperti puluhan atau ratusan juta yang habis tersebut. Hargailah kenangan tersebut karena saya yakin tidak hanya mereka yang ingin dihargai pada saat itu, tetapi juga anda jika saatnya tiba nanti di pelaminan.

For those so-called creative people out there? Dressing appropriately ke sebuah pesta resepsi pernikahan di Ballroom Hotel Dharmawangsa bukan berarti akhir dari dunia anda. Saya punya beberapa tips yang bisa membantu anda-anda tetap terlihat kreatif:
1. Gak punya celana bahan formal? Gak masalah! Whip out your best denim pants dan padu padankan dengan kemeja lengan panjang yang cukup “rapih”. Walaupun gak begitu cocok dengan suasana ballroom, tapi jeans tidak akan pernah salah walaupun dipakai ke pesta pernikahan.
2. Males pake jas? Jangan pake jaket capuchon or anything that looks casual. Instead, pakailah jaket blazer yang sekarang sedang in dan mulai bertebaran dimana-mana.
3. Gak punya sepatu formal? Ini sebenarnya akan menjadi masalah terbesar anda. Memakai sepatu kets atau Converse All Star anda yang sudah mulai kotor itu sebaiknya tetap menjadi pilihan terakhir. Pinjamlah kepada teman anda. Because believe it or not, the shoe will determine how you stand your ground.
4. Dan kalaupun anda sudah siap dengan segala macam pakaian formal anda karena dipaksa oleh pacar untuk tampil serapih mungkin karena yang menikah adalah sepupunya atau kerabat dekatnya tapi anda masih ingin tampil kreatif, bujuklah pacar anda itu untuk membiarkan anda berkreasi dengan rambut anda. Pakai hair-gel yang cukup atau kalau memang anda seniat itu berkreasi, pergilah ke salon dan minta didandani disana. Outcome dari cara ini hanya dua: either pacar anda akan tambah mencintai anda atau anda dicap sebagai cowok yang terlalu feminin.

Tidak terlalu susah kan tips-tipsnya? Kalau tips-tips diatas menjadi terlalu merepotkan, gak ada salahnya kok memakai kemeja batik anda. Bill Clinton saja memakai batik saat mengunjungi Indonesia. Try it out! And I’ll see you in a wedding party.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s